Tata Cara dan Biaya Pembuatan SKCK di Depok 2013

Dalam membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Polres, hal-hal yang perlu anda persiapkan adalah sebagai berikut:

1. Fotocopy KTP (siapkan 5 Lembar)
2. Pas Foto ukuran 4×6 (Siapkan 5 Lembar)
3. Fotocopy Kartu Keluarga (KK) (Siapkan 3 Lembar)
4. Surat pengantar RT/RW
5. Surat Pengantar Kelurahan.
6. Uang kurang lebih Rp.50.000

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Surat Pengantar RT
Siapkan Fotocopy KTP dan Fotocopy KK Minta ketua RT surat pengantar untuk buat SKCK, nanti ketua RT akan mengisi sebuah form surat pengantar untuk anda.

2.Surat Pengantar RW
Setelah mendapatkan form surat pengantar dari RT, kita harus menemui ketua RW untuk meminta tanda tangan dan cap RW.

3. Ke Kelurahan
Di kelurahan siapkan form surat pengantar RT/RW beserta fotocopy KTP dan Fotocopy KK tadi, lalu ke bagian pelayanan umum lalu berikan berkas tadi dan bilang ke petugas kelurahan, “ingin buat skck ke polres pak/bu” dan akan diproses. Setelah 10/15 menit maka jadilah selembar surat pengantar pembuatan SKCK dari kelurahan yg harus anda bawa ke polres, biayanya dalam tahap ini Rp.5.000.

4. Ke Polres
Ingat!, datanglah ke Polres sepagi mungkin agar tidak kehabisan formulir, karna apabila formulir habis, walau masih jam 10 pagi, anda akan gigit jari pulang dengan sia-sia. Setelah di polres, cari tempat pembuatan SKCK dan anda siapkan surat pengantar dari kelurahan tadi beserta fotocopy KTP, fotocopy KK, dan pas foto 4×6 lalu anda menuju ke loket pengambilan formulir kemudian isi formulir dengan lengkap. setelah selesai anda harus ke bagian sidik jari untuk mengambil sample sidik jari anda, biayanya Rp.10.000. setelah sidik jari anda telah didapat dan formulir sudah lengkap diisi maka anda harus memberikannya ke loket administrasi dan anda harus membayar sebesar Rp. 20.000 nanti anda akan diberi tahu petugas kapan SKCK anda dapat diambil (bisa keesokan harinya). Setelah SKCK anda jadi, anda bisa mengambilnya dengan memberikan selembar fotocopy KTP dan anda bisa melegalisir SKCK tadi dibagian pengambilan dan legalisir SKCK dengan biaya Rp.10.000/5 Lembarnya.

Itulah tahapan-tahapan membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Polres, Masa berlaku SKCK ini hanya 3 bulan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s